Destinasi Panorama Alam Kabupaten Sumba Timur

Kabupaten Sumba Timur memiliki beberapa destinasi wisata yang menyajikan keindahan panorama alam yang sangat indah dan elok. Banyak tempat wisata di Sumba Timur yang bisa kamu datangi mulai dari perbukitan, air terjun, perkampungan adat sampai dengan pesisir pantai yang indah dan berpasir putih dengan berbagai keunikan dan ciri khasnya masing-masing di Sumba Timur.

Salah satu yang paling kesohor adalah Kampung Raja Prailiu. Kampung Raja Prailiu adalah kampung yang sangat asri dan terkenal akan kekhasan bangunan rumah, tradisi unik dan kerajinan kain yang terletak di Kota Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Keunikan kampung adat ini ditandai dengan masih adanya rumah adat yang diistilahkan sebagai Uma Mbatang atau Uma Hori. Keberadaan rumah tinggi ini masih berkaitan dengan kepercayaan penduduk.

Rumah tradisional tersebut berstruktur tinggi dengan atap dari daun. Rumah-rumah ini terdiri dari tiga bagian, yang menyimbolkan bagian bawah tanah sebagai rumah orang mati, bagian tengah sebagai rumah untuk hidup, dan atap sebagai rumah para Dewa.

Selain itu ada juga pemakaman batu megalitikum yang disebut reti dan patung-patung peninggalan masa lampau yang masih terpelihara dengan baik. Kuburan batu ini dihiasi ukiran manusia, buaya, kura kura, monyet, udang, juga terdapat sebuah kubur batu yang ukurannya sangat besar.

Bagi wisatawan yang menginginkan sebuah tempat wisata yang menenangkan, maka bisa mengunjungi Bukit Tanau. Bukit ini lokasinya tidak jauh dari pusat kota Waingapu.

Suasana yang begitu tenang dan sejuk akan membuat pikiranmu kembali segar dan mood wisatawan akan kembali ke kondisi bagus setelah wisatawan berlibur ke Bukit Tanau. Untuk akses jalan menuju bukit ini memang bisa dikatakan gampang-gampang susah.

Hal ini karena masih belum ada petunjuk yang jelas terkait rute atau akses jalan menuju bukit ini. Namun biasanya wisatawan disarankan untuk menaiki motor. Bagi wisatawan yang ingin datang ke Bukit Tanau, kami sarankan untuk mengajak orang yang memang sudah pernah ke sini.

Dengan begitu, wisatawan tidak akan tersesat dan bisa datang ke sini tepat waktu sehingga wisatawan bisa menikmati liburanmu di Bukit Tanau.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *